Muthia Putri Luqman Blog

Jumat, 30 Maret 2018

Unsur-Unsur Seni Rupa

Seni rupa adalah unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur-unsurnya seperti : titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang.
  1. Titik, adalah unsur seni rupa yang paling dasar.Titik dapat melahirkan suatu wujud dari ide-ide atau gagasan yang kemudian akan melahirkan garis, bentuk, atau bidang tekhnik lukisan yang menggunakan kombinasi berbagai variasi, ukuran, dan warna. Titik dikenal dengan sebutan "pointilisme".
  2. Garis, menurut jenisnya garis dapat dibedakan menjadi garis lurus, lengkung, panjang pendek, horizontal, vertikal, diagonal, berombak, putus-putus, patah-patah, spiral, dll. Kesan yang ditimbulkan dari macam-macam garis adalah misalnya garis lurus berkesan tegak dan keras, garis lengkung berkesan lembut dan lentur, garis patah-patah berkesan kaku, garis spiral berkesan lentur.
    Garis juga dapat memberikan kesan watak tertentu, sehingga dapat digunakan sebagai perlambangan seperti garis tegak melambangkan keagungan atau kestabilan, garis miring mengingatkan pada kegoncangan/tidak stabil, garis tegas kuat berpatah-patah mengesankan kekuatan, garis halus melengkung-melengkung berirama mengesankan kelembutan.
  3. Bidang, merupakan pengembangan garis yang membatasi suatu bentuksehingga membentuk bidang yang melingkupi dari beberapa sisi, bidang mempunyai sisi panjang dan lebar serta tidak memiliki ukuran.
  4. Bentuk, juga dapat dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu bentuk geometris dan non geometris.  Bentuk geometris merupakan ilmu yang terdapat ilmu ukur, seperti kubistis.
    Bentuk non geometris berupa bentuk yang meniru bentuk alam, seperti tumbuhan, hewan, dan       manusia
  5. Ruang, dapat digolongkan menjadi 2, yaitu : ruang dalam bentuk nyata, seperti gelas dan kamar. Dan yang kedua ruang dalam bentuk khayalan, seperti lukisan.
  6. Warna, kesan yang timbul oleh pantulan cahaya pada mata disebut warna.
    Warna dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu : 1.warna pokok/primer, adalah warna yang tidak berasal dari warna apapun, contoh : merah, kuning, biru. 2.warna sekunder, merupakan campuran dari warna primer, contoh : merah + kuning : orange. 3.warna tersier, merupakan hasil campuran antara warna primer dan sekunder, contoh : kuning + hijau = kuning kehijau-hijauan. Selain jenis-jenis warna tersebut, terdapat pula warna netral, seperti hitam dan putih.
  7. Tekstur, adalah sifat dan keadaan suatu permukaan bidang atau permukaan benda pada suatu karya seni rupa. Setiap benda mempunyai sifat permukaan yang berbeda.

  8. Gelap terang, suatu obyek bisa memiliki intensitas cahaya yang berbeda pada setiap bagiannya. Demikian pula pada karya seni rupa, seperti lukisan pemandangan alam.
       

0 komentar:

Posting Komentar

Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam

A. Konsep Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam      Menggambar merupakan kegiatan manusia yang melibatkan koordinasi antara penglihat...