Muthia Putri Luqman Blog

Sabtu, 31 Maret 2018

Pembahasan Lengkap Seni Rupa Daerah Setempat

A. Pengertian dan Media Seni
     Istilah Seni dalam bahasa inggris disebut Art, dalam bahasa latin Ars, dan dari bahasa yunani Techne. Techne artinya kemahiran atau keterampilan membuat sesuatu benda. Istilah seni selalu berkaitan dengan keindahan. Keindahan adalah nilai-nilai estetis yang terdapat dalam karya seni.
     Karya seni tercipta melalui pilihan media yang beragam. Berdasarkan media yang digunakan , seni dibedakan sebagai berikut.
  1. Seni yang dapat dinikmati melalui media pendengaran (Audio Art), misalnya seni musik, seni suara, dan seni sastra (puisi, pantun).
  2. Seni yang dinikmati melalui media penglihatan (Visual Art), misalnya lukisan, poster, seni bangunan, seni gerak beladiri, dsb.
    contoh Visual Art (lukisan)
  3. Seni yang dinikmati melalui media penglihatan dan pendengaran (Audio Visual Art), misalnya pertunjukan musik, pagelaran wayang, film, dsb.
    contoh Audio Visual Art (Pertunjukan Musik)
B. Bentuk dan Fungsi Seni Rupa Daerah Setempat
     Seni rupa adalah suatu karya seni yang dapat memuaskan perasaan seseorang karena keindahannya dan diwujudkan dalam bentuk rupa. Seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.
lihat pembahasan seni rupa selengkapnya.
     Seni rupa berdasarkan wujudnya dapat dibedakan sebagai berikut.
  1. Seni rupa 2 dimensi (dwimatra) adalah karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar dan hanya dapat dilihat nilai estetiknya dari satu arah. Misalnya lukisan, batik, foto, dan wayang kulit.
    Wayang Kulit yang termasuk Dwimatra
  2. Seni rupa 3 dimensi (trimatra) adalah karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi dan dapat dilihat nilai estetiknya dari segala arah. Misalnya patung, meja dan kursi.
     Seni rupa berdasarkan fungsinya dapat dibedakan sebagai berikut.

  1. Seni rupa murni adalah seni rupa yang mengarah pada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan ekspresi pribadi, atau kebutuhan batin. Misalnya karya-karya seni lukis, seni patung, benda-benda kriya hias, dsb.
  2. Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang memiliki fungsi ganda, yaitu selain untuk pemenuhan kebutuhan batin, juga untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari sesuai kegunaannya. Misalnya meja, kursi, pakaian, dan perlengkapan rumah tangga.
C. Perubahan Fungsi Seni Rupa
  1. Seni kepercayaan menjadi seni mumi, misalnya patung asmat, arca batu dan keris pusaka, dahulu untuk tujuan spiritual, tetapi sekarang banyak yang dibuat untuk hiasan.
    Arca Dwarapala
  2. Seni rupa murni menjadi seni kerajinan, misalnya bentuk-bentuk replika patung pada gantungan kunci. Ciri benda kerajinan diproduksi dalam jumlah besar dalam bentuk yang sama. Sedangkan benda hiasan yang dibuat pertama kalinya dinamakan seni rupa murni.
  3. Teknik seni kriya menghasilkan seni mumi, misalnya teknik batik tulis untuk lukisan batik, lukisan keramik, lukisan bordir, teknik cor untuk karya seni hias logam, dsb.
    contohnya lukisan bordir 3 dimensi 
D. Seni Rupa Murni Daerah Setempat
     Seni rupa murni daerah setempat adalah karya snei rupa yang berwujud dua dimensi (dwimatra) yang berfungsi sebagai nilai estetis yang terdapat di daerah setempat. 
  1. Seni Lukis, merupakan karya seni rupa berwujud 2 dimensi yang dalam penciptaannya mengolah unsur titik, garis, bidang, tekstur, warna, gelap terang, dll melalui pertimbangan estetik.
  2. Seni patung, merupakan cabang seni rupa yang berwujud 3 dimensi dengan proses penciptaannya menggunakan teknik pahat, teknik modeling (dibentuk), atau teknik casting (cetak).
  3. Seni grafis, merupakan salah satu cabang seni rupa 2 dimensi yang dikerjakan dengan teknik cetak. Terdapat beberapa ragam seni grafis, antara lain seni grafis yang dibuat dengan teknik sablon, cetak tinggi, cetak litho, dan cetak etsa.
baca juga : Ragam Hias beserta Motif-Motifnya

0 komentar:

Posting Komentar

Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam

A. Konsep Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam      Menggambar merupakan kegiatan manusia yang melibatkan koordinasi antara penglihat...