Muthia Putri Luqman Blog

Jumat, 16 Maret 2018

Seni Tari, Pengertian, Sejarah, Unsur, beserta Fungsinya

Pengertian Seni Tari

   Seni tari adalah seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran. 
Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

  •  Aristoteles
"seni tari yaitu  sebuah gerakan ritmis yang mempunyai tujuan untuk menghadirkan sebuah karakter manusia, yang sebagaimana mereka bertindak dan menderita."

  • Suadarsa Pringgo Broto
"seni tari yaitu suatu ketentuan bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang."

  • Jazuli
"seni tari yaitu irama musik yang sebagai pengiring bisa digunakan untuk mengungkapkan maksud dan suatu tujuan yang ingin disampaikan oleh pencipta tari melalui penari."

  • Hawkins
"seni tari yaitu suatu ekspresi perasaan manusia yang diubah ke dalam sebuah imajinasi ke dalam bentuk media gerak yang sehingga gerak yang simbolis tersebut sebagai ungkapan si penciptanya."

  • Soedarsono
"Menurut Soedarsono menyatakan bahwa seni tari ialah sebuah ekspresi jiwa manusia yang melalui gerak-gerak yang indah dan ritmis."

  • S. Humardani
"seni tari yaitu sebuah ungkapan bentuk-bentuk gerak ekspresif yang indah dan ritmis."

  • K M A Theodora Retno Maruh
"seni tari ialah suatu kesenian yang tidak akan pernah mempunyai sifat kontemporer, baik yang pernah terlupakan sekalipun."

  • Drs. I Gede Ardika
"seni tari ialah sesuatu yang bisa disatukan ke dalam berbagai hal sehingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskannya menurut cara pandang nya masing-masing."

  • Irmgrad Bartenieff & Forrestine Paulay
"seni tari ialah suatu bentuk seni yang ekspresionostis yang menjembatani sebuah reaksi jiwa seseorang dengan sebuah konflik dan problem dunia modern."

  • C. Sachs
"seni tari yaitu suatu pengucapan jiwa manusia yang melalui gerak-geri berirama yang indah. Dalam kebudayaan melayu terdapat berbagai jenis tarian, dan ada tarian asli maupun tarian yang sudah dipengaruhi oleh unsur – unsur modern."

  • Dr. J Verkuyl
"seni tari ialah suatu gerak-gerak tubuh dan anggotanya yang disusun sedemikian rupa, yang sehingga berirama."

  • La Mery
"seni tari yaitu suatu ekspresi yang berbentuk sebuah simbolis dalam wujud yang lebih tinggi yang harus diinternalisasikan untuk menjadi suatu bentuk yang nyata."

  • John Martin
"seni tari yaitu suatu gerak yang sebagai pengalaman yang paling awal pada kehidupan manusia."

  • Franz Boas
"seni tari yaitu suatu gerak-gerak ritmis setiap bagian tubuh, lambaian lengan, gerak dari torso atau kepala, atau pada gerak-gerak dari tungkai serta kaki."


Sejarah Seni Tari di Indonesia :
Indonesia merupakan Negara dengan beraneka ragam macam budaya. Kebudayaan daerah tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Setiap daerah memilki ciri khas kebudayaan yang berbeda, Salah satu bentuk ciri khas kebudayaan setiap daerah di wujudkan dengan tari khas kebudayaan masing-masing setiap daerah. Dengan musik dan gerak menciptakan sebuah tarian yang menceritakan kekayaan dan keanekaragaman bangsa Indonesia . Kami kali ini akan membahas tentang perkembang Tari Traditional di Indonesia. Setiap tarian menceritakan kisah yang telah mereka alami. Terjadinya penciptaan tarian pada awalnya dilandasi oleh beberapa hal di antaranya :
1. Terjadi pada acara adat atau ritual keagamaan
2. Ritual Penyembuhan
3. Pesta rakyat / panen yang melimpah
4. Cerita cinta pada zaman terdahulu
5. Permainan Rakyat
Indonesia adalah salah satu negara jajahan, sekita 200 SM Indonesia sudah di datangai oleh negara-negara lain dan selama 350 tahun Indonesia di jajah oleh belanda,maka dari itu secara garis besar perkembangan seni pertunjukan Indonesia khusunya tari tradisional sangat dipengaruhi oleh adanya kontak dengan budaya besar dari luar melalui kolonialisasi. James R. Brandon (1967), salah seorang peneliti seni pertunjukan Asia Tenggara asal Eropa,membagi empat periode budaya di Asia Tenggara termasuk Indonesia yaitu:
1) periode pra-sejarah sekitar 2500 tahun sebelum Masehi sampai 100 Masehi (M)
2) periode sekitar 100 M sampai 1000 M masuknya kebudayaan India,
3) periode sekitar 1300 M sampai 1750 pengaruh Islam masuk, dan
4) periode sekitar 1750M sampai akhir Perang Dunia II.
Pada masa dahulu Tarian juga tercipta dari beberapa tema pada masanya yaitu :
1. Tari Bercorak Hindu-Budha
2. Tari bercorak Islam
3. Tari Kraton / Kerajaan.

Kurang lebih terdapat 3000 tari tradisional di indonesia dan dari 3000 tarian ada beberapa tarian yang di kenal didunia yaitu diantaranya Tari Pendet-Tari kecak (Bali),Tari Saman (aceh), Tari Reog ponorogo (jawa timur),Tari klasik kraton surakarta (surakarta) ,Tari Jaipong (Jawa barat),Tari Piring (Padang),Tari Lenggang Nyai (jakarta/Betawi).


Unsur-Unsur Seni Tari

1. Gerak
   Gerak adalah medium utama dalam tari, sebab gerak adalah bahan baku atau subtansi dasar dari tari. Ide gagasan bermula dari gerak keseharian, bermain, olah raga, dan sebagainya lalu diolah kedalam bentuk stilasi dan distorsi  lalu di dikomposisikan dan disusun berdasar kebutuhan ungkapan tarian sehingga menjadi satu komposisi atau koreografi. Terdapar dua jenis gerak tari yaitu gerak maknawi adalah gerak yang mempunyai arti, dan gerak murni gerak tari yang tidak mempunyai arti khusus dimana ungkapan gerak seutuhnya untuk keindahan gerak semata.

2. Wiraga 
Yaitu kemampuan penari dalam melakukan/menarikan gerak dengan benar dan baik.Tenaga
Tenaga dalam tarian terdiri atas tenaga kuat dan tenaga lembut, keduanya digunakan untuk mengawali, mengendalikan dan menghentikan gerak juga untuk membedakan adanya gerak yang bervariasi.
Baik tenaga kuat atau tenaga lebut keduanya dalam tari digunakan sesuai dengan kebutuhan ungkapan tarian seperti karakter,tema dan yang lainnya. Oleh sebab itu melalui unsur tenaga dapat membedakan jenis tarian yang satu dengan lainnya.

3. Ritme / Irama
Ritme / irama adalah gerakan lambat, sedang dan cepat dalam tarian, setiap tarian dibawakan dengan ritme yang bervariasi sehingga tampak lebih menarik.
Wirama yaitu kemampuan penari dalam melaksanakan penghayatan secara musical.

4. Ruang
Pengertian ruang dalam tari adalah tempat yang digunakan untuk kebutuhan gerak. Gerak yang dilakukan dalam ruang dapat dibedakan ; (1) ruang sebagai tempat pentas dapat berupa arena, panggung proscenium, atau tempat pertunjukan lainnya. (2) ruang diciptakan oleh penari saat membawakan tarian. Ketika penari menarikan gerak burung ruang yang digunakan akan lebih luas dibandingkan ketika penari menarikan gerak semut.
Wirasa
Yaitu kemampuan penari dalam mengekspresikan dan menghayati tarian yang dibawakan sehingga mampu menentukan sifat atau karakter tarian. Seperti ekspresi tari gagah, ekspresi tari halus, ekspresi tari lincah dan sebagainya.

5. Harmonis
Yaitu keserasian serta keterpaduan dari seluruh komponen tari yaitu ; wiraga, wirahma, dan wirasa saat penari menari diatas panggung.

Fungsi Tari 
1) Tari sebagai sarana upacara adat dan agama, memiliki kriteria khusus dalam pementasannya:
    a. pada waktu tertentu
    b. ditarikan oleh penari terpilih
    c. bertempat pada tempat yang dianggap suci
    d. biasanya disertai dengan sesajian
Contoh tari sebagai sarana upacara dalah Tari Gantar yang berasal dari Kalimantan, yang bertujuan memberikan sesajian kepada Dewi Sri.
tari gantar
2) Tari sebagai sarana hiburan dan pergaulan, bertujuan untuk menghibur penonton atau membuat gembira penonton. contoh tari sebagai sarana hiburan adalah Tari Serampang Dua Belas dari Sumatera
Tari Serampang Dua Belas
3) Tari sebagai sarana media pertunjukan. Contoh dari tari sebagai sarana media pertunjukan adalah Sendratari Ramayana, di Candi Prambanan yang menunjukkan seni keindahan tari yang telah dipersiapkan sebelumnya.
Sendratari Ramayana, di Candi Prambanan

4) Tari sebagai sarana media pendidikan. Tarian ini mengajarkan moral-moral dalam kehidupan bermasyarakat

5) Tari sebagai sarana pembersihan jiwa atau katarsis. Tarian ini biasanya dimainkan oleh para seniman untuk memperdalam penghayatan terhadap seni.

baca juga : Daftar Nama Tari Tradisional di Indonesia Beserta Asalnya


Demikian artikel kali ini mengenai seni tari, semoga membantu :)

0 komentar:

Posting Komentar

Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam

A. Konsep Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam      Menggambar merupakan kegiatan manusia yang melibatkan koordinasi antara penglihat...