Muthia Putri Luqman Blog

Rabu, 14 Maret 2018

MUSIK ASIA


A. Musik Cina
1. Perkembangan musik
       Bangsa Cina memiliki kekayaan budaya musikal yang telah tumbuh dan berkembang sejak dulu. Pada tahun 1999, ditemukan suling jihau, instrumen musik tertua di dunia yang terbuat dari tulang yang dibuat kira-kira pada tahun 7000 SM. Contoh lainnya adalah sebuah koleksi drum, lonceng, dan alat musik tiup dan alat musik dawai dari perunggu pada makam bangsawan Yi dan Zein (abad 5 SM).
suling jihau
   
 Sekitar abad ke 19 tradisi musik Cina mulai terpengaruh tradisi musik Eropa.
2. Ragam musik 
        Menurut perkembangannya, musik Cina dapat dikelompokkan jadi 2, yaitu :
a. musik tradisional
Musik tradisional cina secara mayoritas mempergunakan bahasa Cina, meliputi nyanyian rakyat, nyanyian bercerita, dan opera. Terdapat lebih dari 400 opera lokal dan 300 nyanyian bercerita yang dipengaruhi oleh budaya lokal.
b. musik modern
Pada permulaan abad ke 19, pengaruh musik Eropa mulai masuk. Western Style Conversatories didirikan pada tahun 1920, dengan tujuan untuk melestarikan musik Cina dan musik Eropa.
3. sistem nada
Menurut teori musik cina (kira-kira 2700 SM) satu oktaf dibagi menjadi 12 nada, tetapi dalam permainan
musiknya menggunakan 5 nada yang disebut pentatonik (penta = 5 dan tone = nada).
4. instrumen musik
*instrumen tradisional musik cina*

a. organ mulut (sheng)
b. flute (dizi, ti tzu, tche)
c.kecapi berleher lurus (che, p'ip'a, yuch, ch'in, dan 'shan hsien)
d. sitar panjang (ch'in, zheng, se)
e. perkusi, seperti lonceng (qin), drum (gu), gong (luo), dan bel (zhong)
*instrumen modern musik cina*
pada umumnya merupakan budaya Cina dengan Asia Tengah, India, dan Eropa, contoh :
a. Bili
b. Suona
c. Kecapi berleher bengkok (p'ip'a)
d. Berb (erhu, jinghu, gaohu, banhu).

B. Musik Jepang
1. Perkembangan musik
       Musik Jepang pada zaman dahulu sangat terpengaruh perkembangan musik dari daratan Cina dan semenanjung korea, tetapi lama kelamaan mempunyai sifat dan ciri tersendiri. Ragam musiknya banyak digunakan di kuil-kuil untuk memuja dewa, di istana, dan untuk hiburan sosial.
     
orkes gagaku

        Orkes gagaku (musik jepang masa lampau) telah ada sejak abad ke 8. Orkes gagaku terdiri dari 17 musisi yang bermain instrumen tiup kayu (flute/ryuteki, oboe/hichiriki, harmonika mulut/sho), petik (kecapi bengkok/biwa, koto), dan perkusi (gong kecil/shoko, drum besar/taiko).
         Sekitar abad ke 15 musik instrumen tunggal, shamisen dan koto menjadi populer khususnya untuk memberikan iringan lagu dan drama musik. Perkembangan musik drama mencapai keemasannya pada abad ke 17, dengan format kabuki dari musik teater tradisional jepang.
         Adanya restorasi meiji pada pertengahan abad ke 18 membuat pengaruh barat mulai masuk dalam perkembangan musik jepang. Banyak format musik tradisional Jepang dikembangkan berdasarkan format musik barat, sehingga jepang telah memasuki perkembangan musik modern.
2. Ragam musik
a. Musik tradisional
   Musik tradisional jepang pada umumnya berbentuk musik festival religius, nyanyian bekerja, dan pengiring tarian.Pertunjukan rakyat, seperti tarian bertopeng, teater rakyat, dan tarian rakyat merupakan bagian tak terpisahkan dalam musik tradisional.
b. Musik modern
    Musik modern Jepang dimulai pada tahun 1867, setelah Mutsuhito Meiji menjadi kaisar Jepang. Satu guru yang bertanggung jawab untuk mengenalkan gaya musik Eropa adalah Suzuki Shin'Ichi. Beliau menemukan metode pengajaran biola untuk anak-anak yang diadopsi dari sekolah musik di Amerika Serikat.
3. Sistem nada
Tangga nada yang digunakan dalam bermain musik adalah tangga nada pentatonik. Susunan nada-nada yang dipergunakan dapat dituliskan sebagai berikut :

4. Instrumen Musik
Instrumen musik yang dipakai dalam musik Jepang diantaranya :
a. Lute pengiring (heikebiwa)
b. Perkusi (shoko, ko tsuzumi, o tsuzumi, dan taiko)
taiko


c. Harmonika mulut (sho)
d. Flute (ryuteki, nokan, shakuhachi)
ryuteki

e. Kecapi (shamisen, koto, biwa)
koto

f. Oboe (hichiriki)
hichiriki


C. Musik India
1. Perkembangan Musik
bangsa arya

     Perkembangan musik india dimulai kira-kira semenjak abad ke 2 SM. Bangsa Arya yang bermigrasi ke India mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan musik di India. Musik bagi bangsa India mempunyai arti tersendiri yang sangat besar pengaruhnya pada magis, religius, kesusastraan, ilmu, dan seni lainnya.
2. Ragam Musik
a. Musik Klasik
    Musik klasik India dapat diketahui dari dokumen Natya Shastra, suatu risalah drama  berbahasa Sansekerta yang ditulis kira-kira abad ke 2 SM. Terdapat 2 tradisi klasik, yaitu Hindustani di India Utara dan Karnatika di India Selatan.
b. Musik Rakyat dan Populer
    Mereka menikmati dan bermain musik dari daftar lagu-lagu yang mandiri, Nyanyian para wanita banyak digunakan pada acara perkawinan, kelahiran bayi, festival agrikultur, dan aktivitas rumah tangga.
3. Sistem Nada
    Semenjak abad ke 19 musik India memiliki susunan tangga nada yang tetap. Dalam satu oktaf telah ditetapkan terbagi menjadi 22 syruti (interval) yang tidak sama.Deretan nada pokok ada 2, yaitu sa-grama dan me-grama. Masing-masing deretan nada pokok tersebut mempunyai 7 nada yaitu : sa-ri-ga-ma-pa-da-ni, yang dapat dinaikkan atau diturunkan dengan berbagai cara.
4. Instrumen Musik
    Instrumen musik India terbagi dalam dua kelompok, yaitu instrumen pembawa melodi/lagu utama dan instrumen pengiring.
*instrumen pembawa melodi*
a. Kecapi
b. Sitar
sitar

c. Sarod (India Utara)
sarod

d. Veena
veena

e. Flute horizontal (barisri)
f. Flute double reed (shehnai)
shehnai

g. Nagasvaram
*instrumen pengiring*
a. tambura (kecapi berleher panjang)
b. mridangam (drum dua sisi)
mridangam


c.Kanjira (drum bingkai kecil)
d. Ghatam (seperti pot dari tanah liat)

ghatam

e. Tabla (ketel drum)
tabla

f. Pakhavaja (drum dua sisi)

D. Musik Arab
 1. Perkembangan Musik
     Musik tradisi Arab diyakini telah ada sejak awal abad ke 3. Budaya musiknya merupakan perpaduan dari tradisi musik Dinasti Sassanid di Persia, tradisi musik awal kerajaan Byzantium (awal abad ke 4 sampai abad ke 6), dan nyanyian religi dari daerah semenanjung Arab.
2. Ragam Musik
 a. Nyanyian Religi
     Menurut sejarahnya, corak musik Arab erat hubungannya dengan nyanyian ayat-ayat suci dalam Al-Qur'an. Dalam hal ini, nyanyian tersebut merupakan isi dari firman Tuhan yang dilantunkan dengan hafalan. Sehingga, perhatian utama dalam nyanyian tersebut adalah teks lagu.
b. Musik Rakyat
    Banyak musik tradisi rakyat yang dapat ditemukan di sepanjang daerah semenanjung Arab. Musik negara-negara Jazirah Arab yang kaya dengan permainan drum, menunjukkan hubungannya yang luas dengan pedagang dari Afrika. Tradisi Gnawa dari Maroko, mengambil nama dari para budak Guinean yang dibawa ke Maroko dari Afrika Barat. Musik Nubian di Mesir menggambarkan musik arab yang unik dengan sistem nada pentatonik dan irama khusus.
c. Nyanyian Populer
    Musik Arab populer merupakan perpaduan dari kedua ragam musik di atas. Keyboard elektrik yang disesuaikan dengan maqamat mengiringi para penyanyi di dalam penampilannya. Drum dan irama musik rakyat menjadi bagian paling pokok dalam pertunjukan musik yang sebagian besar dilakukan oleh kaum muda. Dalam hal lirik lagu, penyanyi berusaha untuk mempertahankan tradisi mereka sesuai dengan gaya dan bahasanya.
3. Sistem Nada
    Musik Arab memiliki ciri khas yang berbeda dengan musik lainnya. Musiknya secara umum sangat kaya akan melodi sehingga memberi nuansa halus dan kesempatan membuat berbagai variasi. Cara berolah musiknya sering memakai variasi dan improvisasi dengan dasar melodi sebelumnya. Cara ini disebut maqamat. Melodi lagu terdiridari sejumlah variasi melodi (sekitar 52 variasi). Nada-nada yang dipakai secara umum lebih banyak daripada yang dikenal dalam musik Barat. Di antaranya terdapat nada-nada yang memiliki jarak interval yang sangat kecil (microtones).
     Struktur pola ritme musik Arab cukup kompleks, tidak berdasarkan polabirama yang pasti dan konstan seperti musik barat (2/4/3/4/6/8), atau disebut nonmetris. Dalam permainan musiknya terdapat sekitar 48 pukulan dan secara khas sudah meliputi drum (ketukan beraksen, tesis), taks (ketukan tak beraksen, arsis), dan tanda diam atau istirahat. Pola ritme sederhananya dapat digambarkan seperti berikut ini.

4. Instrumen Musik
a. Ud dan lute, sebuah prototipe dari kecapi Eropa
lute

b. Nay, sejenis flute
nay

c. Perkusi (kettle drum, frame drum, dan drum berbentuk jam pasir)
d. Rababah/rebab, sebuah prototipe dari biola Eropa
rababah/rebab

e. Mizmar, instrumen musik Mesir
mizmar

f. Mijwiz, instrumen musik Lebanon
mijwiz

g. Santur, sejenis sitar.


Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Musik Asia, semoga membantu ㇚

0 komentar:

Posting Komentar

Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam

A. Konsep Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam      Menggambar merupakan kegiatan manusia yang melibatkan koordinasi antara penglihat...