Muthia Putri Luqman Blog

Selasa, 20 Maret 2018

Dek Sangke, lagu daerah Sumsel

Baiklah, kali ini saya akan membahas mengenai lagu daerah asal Sumatera Selatan, yakni lagu yang berjudul "Dek Sangke", yang dalam bahasa Indonesia berarti "Tak Sangka".
Lagu ini menceritakan bahwa ada seorang yang berkata tidak jujur. Ia orang lemah tetapi mengaku-ngaku kuat. Atau bisa juga diartikan mengaku serba ada, tetapi pada kenyataanya tidak demikian. Perilaku tidak terpuji itu pada akhirnya akan membawa keburukan pada dirinya sendiri. Bahkan, orang seperti itu kerap berurusan dengan masalah hukum hingga dijebloskan ke penjara.
Beberapa contoh perilaku tidak jujur yaitu ketika mencari pasangan. Selain itu, pesan lagu ini agar jangan mudah terpengaruh sebelum benar-benar mengetahui sesuatu secara pasti.
Lirik ini juga menceritakan tentang seorang pria yang disangka bujang. Ternyata, pria itu sudah tua dan memiliki anak tiga. Diceritakan pula ada seorang perempuan yang disangka gadis, tapi ternyata perempuan itu sudah sudah punya anak gadis.
Lagu Dek Sangke merupakan lagu daerah dengan pesan sangat dalam. Dalam kehidupan sosial, seseorang harus menjaga nama baik dengan berkata jujur baik dalam perkataan maupun perilaku. Saling menjaga kejujuran ketika berhubungan antarsesama akan membawa kebaikan.
berikut lirik lagunya.
Dek Sangke

Dek sangke aku dek sangke
Cempedak babuah nangke
Dek sangke aku dek sangke
Cempedak babuah nangke

Dek sangke aku dek sangke 
Awak tunak ngaku juare
Alamat badan sengsare 
Akhirnye masuk penjare

Dek sangke aku dek sangke
Cempedak babuah nangke
Dek sangke aku dek sangke
Cempedak babuah nangke

Dek sangke aku dek sangke
Ujiku gadis tak batanye jande mude
Anaknye lah ade tige
Dek sangke bujang tegile

Dek sangke aku dek sangke
Cempedak babuah nangke
Dek sangke aku dek sangke
Cempedak babuah nangke

Dek sangke aku dek sangke
Ujiku bujang tak batanye tua bangke
Anaknye lah gadis gale
Dek sangke gadis tegile



Tak Sangka

Tak sangka aku tak sangka
Cempedak berbuah nangka
Tak sangka aku tak sangka
Cempedak berbuah nangka

Tak sangka aku tak sangka
Orang lemah mengaku hebat
Alamat badan sengsara
Akhirnya masuk penjara

Tak sangka aku tak sangka
Cempedak berbuah nangka
Tak sangka aku tak sangka
Cempedak berbuah nangka

Tak sangka aku tak sangka
Kukira gadis tak tahunya janda muda
Anaknya ada tiga
Tak sangka bujang tergila-gila

Tak sangka aku tak sangka
Cempedak berbuah nangka
Tak sangka aku tak sangka
Cempedak berbuah nangka

Tak sangka aku tak sangka
Kukira bujang tak tahunya tua bangka
Anaknye gadis semua

Tak sangka gadis tergila-gila


Untuk lebih lengkapnya, silahkan tonton video di bawah


Dibawah ini not angka lagu Dek Sangke:



0 komentar:

Posting Komentar

Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam

A. Konsep Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam      Menggambar merupakan kegiatan manusia yang melibatkan koordinasi antara penglihat...