Muthia Putri Luqman Blog

Selasa, 13 Maret 2018

seni rupa, ragam, dan contohnya

Seni Rupa
Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. 
  • Seni rupa dari segi fungsinya terbagi  2, yaitu: 
1.) Karya seni rupa murni, adalah karya yang benar-benar murni berfungsi sebagai pengindah dan peningkat rasa kesukaan. Penggunaannya hanya terbatas pada pajangan sebagai pemikat ketertarikan manusia.  Contoh seni terapan murni :

1. lukisan

lukisan burung beo

2. patung

Patung Sura dan Baya

3. relief

relief lotus dan sepasang bangau

4. kaligrafi.



2.) Seni rupa terapan, merupakan seni yang berfokus pada nilai-nilai keindahan (estetika), juga memperhatikan nilai praktis atau kegunaan dari suatu karya dalam menunjang kebutuhan hidup manusia. Seni ini mengalir dan menyatu dalam benda-benda yang dibutuhkan manusia dalam kehidupannya sehari-hari.  contoh seni rupa terapan :
1.rumah

2.dekorasi

3.busana

4.seni kriya



  • seni rupa dari segi wujud dan bentuknya, juga terbagi 2, yaitu :
1.) Seni rupa 2 dimensiadalah suatu karya seni rupa yang memiliki dua sisi saja, yaitu sisi panjang dan lebar, sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan. contoh seni rupa 2 dimensi :

1.lukisan
2.foto
3.poster
4.banner
5.desain produk
6.logo
7.kaligrafi
8.mozaik

9.batik
batik Cirebon

10.karikatur
karikatur BJ Habibie


2.)seni rupa 3 dimensi, adalah karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi, atau karya yang memiliki volume dan menempati ruang. Contoh : 

1.seni patung 

patung Soekarno-Hatta

2.seni kriya 


3.seni keramik 

4.seni arsitektur 
candi prambanan
baca juga : Unsur-Unsur Seni Rupa

Demikian artikel mengenai seni rupa, ragam, dan contohnya. Semoga bermanfaat :)







0 komentar:

Posting Komentar

Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam

A. Konsep Menggambar Flora, Fauna, dan Benda Alam      Menggambar merupakan kegiatan manusia yang melibatkan koordinasi antara penglihat...